Food For Fun is part of "Your Morning Coffee" show with host Gery Puraatmadja on FeMale Radio 97.9 FM Jakarta. Airing every Friday from 8am to 9am, Gery will be accompanied by co-host Ade Putri as the Foodtective. Here, we will discuss light topics about foods. Who doesn't love food anyway? :)

11/24/10

Menjajal Kwetiaw Mun di Akhiang 79




Nah, yang ini adalah salah satu langganan tempat makan malam saya. Namanya, sesuai yang tertera di gambar pertama; Akhiang 79.


Menu andalan saya di sini adalah Kwetiau Mun, atau yang di tempat lain juga dikenal dengan nama Kwetiau Bun. Disajikan dalam porsi yang cukup besar, Kwetiau Mun ini bagaikan perpaduan antara Kwetiau Goreng dengan Kwetiau Siram. Jadi, mirip Kwetiau Goreng tapi basah. Kalau Anda penggemar Mie Jawa, pasti ngerti istilah "nyemek" dong? Nah, begitulah kira-kira penggambarannya.


Isinya sendiri, terdiri dari irisan daging has sapi, urat sapi, shenkel, baso, babat, tauge dan sawi hijau. Tentu saja isinya bisa disesuaikan dengan keinginan kita.


Selain Kwetiau Mun, menu lain dari Akhiang 79 seperti Kwetiau Siram, Kwetiau Goreng, Kwetiau Kuah atau Sop juga boleh diacungi jempol. Baso kuah-nya pun, enak banget. Dengan bawang putih mendominasi rasa kuah yang gurih, mungkin keluarga Cullen tidak tertarik. Tapi saya yakin 95% dari Anda akan menyukainya. 


Untuk departemen condiment, di atas setiap mejanya, Akhiang 79 menyediakan sambal, cuka, kecap asin dan lada. Saya sendiri biasa membubuhkan sambal saja. Kadang saya meminta ekstra minyak bawang putih (yang akan datang beserta crispy garlic chunks-nya... Yumm!) untuk menambah mantapnya Kwetiau Mun pesanan saya. 


Pada daftar minuman, selain air mineral kemasan serta soft drink, tersedia es jeruk murni, es susu (kedelai), liang teh dan es kacang hijau. Untuk disandingkan dengan gurihnya masakan-masakan jempolan tadi, saya sarankan Anda memesan es jeruk atau liang teh. Ciamik!


O ya, sekedar informasi, Akhiang 79 ini baru buka sore hari menjelang Maghrib, dan biasanya buka sampai dengan pukul 01.00 dini hari. Selamat mencoba!

No comments: