Food For Fun is part of "Your Morning Coffee" show with host Gery Puraatmadja on FeMale Radio 97.9 FM Jakarta. Airing every Friday from 8am to 9am, Gery will be accompanied by co-host Ade Putri as the Foodtective. Here, we will discuss light topics about foods. Who doesn't love food anyway? :)

12/1/10

Bukan Sekedar Sate Domba Afrika

Sate Domba

Gule Keong

Pisang Keju Mayonnaise

Sup Domba

Gule Domba
Sate Domba Afrika mendadak menjadi trend sejak dua tahun terakhir. Makanan ini, menjadi kegemaran banyak orang sejak pertama kali dikenal setelah sebuah warung Sate Domba Afrika dibuka di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Entah, apakah memang itu adalah warung yang pertama kali memperkenalkan makanan khas Mali, Afrika Barat, ini. Namun, setidaknya, memang sebagian besar mengakui pertama kali mengenal Sate Domba Afrika dari tempat ini.

Berbeda dengan sate kambing pada umumnya; pada dasarnya memang daging domba sendiri lebih nikmat. Lebih empuk, dan tidak beraroma setajam kambing. Daging domba pun di-klaim rendah kolesterol. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Berbeda dengan sate yang berupa potongan daging dan dibumbui dengan bumbu kecap atau bumbu kacang, Sate Domba Afrika ini adalah bongkahan daging domba besar yang sudah dibumbui lantas kemudian dibakar, namun tidak menggunakan tusuk sate. Bumbunya pun kering. Selesai dibakar, bongkahan daging ini lantas akan dipotong-potong, dan disajikan dengan irisan bawang bombay. Sebagai condiment, tersedia sambal bawang yang biasanya dicampurkan dulu dengan mayonnaise dan kecap manis. Irisan daging domba lantas dicocolkan ke condiment tadi sebelum masuk ke mulut. Bumbu yang gurih dan kering ini membuat daging domba tidak rusak rasanya dengan dominasi bumbu yang terlalu kuat. Sempurna sekali, terutama bagi Anda penggemar daging.

Seperti halnya penyajian makanan ini di sana, Sate Domba Afrika di sini juga disajikan dengan Pisang Goreng. Toh, ini tidak menjadi kewajiban. Bagi Anda yang sudah terbiasa menyantap nasi, silakan saja menikmati sajian ini dengan nasi putih.

Nah, sekarang Anda saya ajak jalan-jalan mampir ke salah satu kedai Domba Afrika di bilangan Jl. Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan. Di sini, semua menunya harus dicoba. Selain - tentu saja - Sate Domba Afrika, mereka juga menyediakan Sup Domba, Gulai Domba, Nasi Goreng Domba, dan juga... Gulai Keong! Sup Domba-nya segar. Gulai Domba-nya mantap. Nasi Goreng Domba-nya lumayan. Dan, Gulai Keong-nya pun enak! Saya juga sempat mencoba Pisang Keju Mayonnaise-nya. Pisangnya sepertinya di-pan fried, jadi justru enak banget. Sempat memesan Pisang Keju Susu Mayonnaise, tapi ternyata untuk susunya mereka memakai susu kental manis cokelat. Ehm, nggak nyambung deh sama Domba Afrika-nya. Tapi kalau dianggap sebagai dessert, oh well, not bad laaah :)

Anda tetap masih takut serangan darah tinggi? Silakan pesan jus belimbing kalau begitu. This one is really worth a try. Even better, it's a must try!

No comments: