Food For Fun is part of "Your Morning Coffee" show with host Gery Puraatmadja on FeMale Radio 97.9 FM Jakarta. Airing every Friday from 8am to 9am, Gery will be accompanied by co-host Ade Putri as the Foodtective. Here, we will discuss light topics about foods. Who doesn't love food anyway? :)

2/6/10

Chili Oil: Yuk, Bikin Sendiri!

Setiap pergi ke restoran yang menyajikan masakan Szechuan (misalnya Duck King, Super Kitchen, Din Tai Fung, Crab House, dsb.), saya nggak pernah lupa meminta condiment favorit saya: chili oil. Chili oil ini cocok banget buat menemani saya menyantap bebek panggang, lumpia udang kulit tahu, bubur hingga mie. Dan akhirnya saya pun membuatnya sendiri di rumah. Jadi, kalau lagi malas nyambel, saya tinggal mengeluarkan stok chili oil ini deh :)


Dan, bahan yang dibutuhkan untuk membuat chili oil ini adalah;
- Cabe kering
- Canola oil, atau olive oil, atau minyak kelapa sawit
- Sedikit minyak wijen

Membuatnya juga gampang banget.
- Haluskan cabe kering menggunakan blender.
- Lantas panaskan minyak hingga panas.
- Matikan api, lantas masukkan bubuk cabe kering ke dalam minyak panas tersebut.
- Tuang sedikit minyak wijen untuk aroma.
- Sebaiknya setelah disimpan, dibiarkan dulu sehari agar rasa pedasnya bisa blending dengan minyak itu sendiri.

Well, ini adalah resep basic chili oil. Tentu saja Anda bisa bereksperimen sendiri dengan menambahkan bumbu lain ke dalamnya. Saya sendiri biasa menambahkan sedikit garam, bumbu kaldu ayam dan bawang putih cincang yang lumayan banyak. Hey, you can make your own version of chili oil! Iya kan? :D

O ya, untuk penyimpanan, siapkan satu wadah tertutup yang sudah dibersihkan dan kering. Supaya awet, simpan saja di kulkas. Dan jika ingin mengambilnya, pastikan sendok dalam keadaan bersih dan kering ya...

No comments: